Tips Parenting Mengatasi Anak yang Terlalu Aktif

Memiliki anak yang aktif pastinya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Namun cerita akan menjadi lain apabila ternyata si kecil terlalu aktif. Pastinya Anda membutuhkan tips parenting yang tepat untuk bisa mengatasi masalah yang satu ini. Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda praktikan untuk mengatasi anak yang terlalu aktif seperti berikut.

  1. Tetapkan Rutinitas pada Si Kecil

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menetapkan rutinitas pada si kecil. Seperti yang diketahui bahwa anak yang terlalu aktif seringkali tidak bisa mengatur kegiatannya sendiri. Dalam arti kata lain, mereka ini seringkali berbuat sesuatu secara spontan dan juga tidak bisa ditebak. Apabila Anda tidak mengaturnya maka sikap terlalu aktif tidak bisa disembuhkan.

Cara paling sederhananya adalah dengan membuat rutinitas yang sederhana tapi dilakukan secara rutin. Contohnya seperti membiasakan si kecil untuk rajin menggosok gigi sebelum tidur, mengganti piyama setiap malam hingga melakukan cuci kaki juga sebelum tidur. Hal ini sangat penting untuk membuat si kecil lebih mudah belajar rutinitas secara lebih terstruktur.

  1. Peraturan yang Konsisten

Sekarang ini, pastinya mudah sekali untuk bisa menemukan anak yang seringkali melanggar peraturan dan melakukannya berulang kali. Apalagi apabila anak tersebut tergolong terlalu aktif pastinya dapat dipastikan melanggar peraturan menjadi makanan sehari-hari. Untuk mengatasinya adalah orang tua mesti membuat peraturan yang konsisten.

Peraturan yang konsisten ini sendiri adalah sebuah peraturan yang tidak berubah-ubah dan juga memiliki konsekuensi bagi yang melanggarnya. Tentunya peraturan ini dibuat dengan persetujuan dari kedua orang tua dan juga si anak. Dengan melakukan hal ini akan melatih si kecil yang terlalu aktif untuk bisa mematuhi peraturan yang ada di rumah.

  1. Ajak Anak Bermain dengan Pengawasan Orang Tua

Tips parenting berikutnya yang bisa dipraktikan untuk anak yang terlalu aktif adalah dengan mengajak anak bermain bersama dengan orang tua. Seperti yang diketahui bahwa anak yang terlalu aktif ini memiliki energi yang berlebihan. Apabila ini tidak bisa disalurkan dengan baik maka bisa membuat si kecil menyalurkannya dalam hal yang negatif.

Untuk itulah, lebih baik ajak si kecil bermain bersama dengan orang tua. Dengan bermain di bawah pengawasan langsung orang tua pastinya mengecilkan risiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, orang tua juga bisa memilih langsung jenis mainan yang tergolong aman untuk si kecil.

  1. Ajak Anak untuk Pergi Ke Luar Rumah

Terakhir adalah orang tua bisa mengajak anak untuk pergi ke luar rumah dan juga melakukan berbagai aktivitas di luar rumah tersebut. Hal ini sangat penting untuk membantu si kecil menyalurkan energi berlebihnya secara lebih positif.

Jadi bagi Anda orang tua yang memiliki anak terlalu aktif maka jangan putus asa terlebih dulu. Berbagai tips parenting yang sudah dijelaskan di atas bisa langsung dipraktikan oleh Anda sebagai orang untuk bisa mengatasi masalah tersebut.